Proses Pembuatan dan Isi Proposal

Dalam semester dua perkuliahan kami di BINUS University, kami kembali mendapatkan mata kuliah Character Building. Jika semester yang lalu kami mendapatkan mata kuliah Character Building: Pancasila, maka pada semester ini kami mendapat mata kuliah Character Building: Kewarganegaraan. Berbeda dengan Character Building Pancasila yang menekankan pada kegiatan kemanusiaan, dalam mata kuliah Character Building Kewarganegaraan, kegiatan proyek luar kelas lebih difokuskan pada kegiatan sosial sekaligus peduli lingkungan.
Setelah berdiskusi dengan kelompok, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan kegiatan social dan juga kegiatan peduli lingkungan di RPTRA (Ruang Publik Terbuka Ramah Anak) Kalijodo, sebagaimana yang telah kami sampaikan dalam proposal. Kelompok kami memilih RPTRA sebagai tempat untuk melaksanakan proyek kegiatan di luar kelas sebab kami tertarik untuk mengetahui “wajah baru” Kalijodo yang sewaktu proses penggusuran menjadi ramai diperbincangkan dalam berbagai berita, selain itu kami juga ingin berpartisipasi dalam membantu pengembangan RPTRA untuk menjadi lebih baik.

Proposal CB Kewarganegaraan

Setelah memutuskan tempat, kami berusaha mencari informasi seputar RPTRA yang terletak di Jl. Pangeran Tubagus Angke No.19, Tambora, Penjaringan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta ini untuk memastikan kembali sebelum merencanakannya lebih jauh dalam proposal. Ternyata, kami menemukan ulasan positif seputar RPTRA Kalijodo tersebut. Informasi lainnya ialah, adanya transportasi gratis dengan bus Transjakarta dengan rute Balai Kota – Kalijodo. Hal tersebut membuat kami semakin penasaran dan antusias untuk mendatangi tempat yang dulunya terkenal sebagai tempat prostitusi namun sekarang berubah seketika menjadi “surga” untuk anak-anak. Maka kami pun sepakat untuk menjadikan RPTRA Kalijodo sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan proyek Character Building Kewarganegaraan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *